Tesis

Proporsi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan non-alcoholic fatty pancreas disease (NAFPD) pada pasien diabetes melitus tipe 2 = Proportion of non-alcoholic fatty pancreas disease (NAFPD) and its associated factors in type 2 diabetes mellitus patients.

Latar Belakang: Pemahaman tentang non-alcoholic fatty pancreas disease (NAFPD) dan makna klinisnya perlu terus ditingkatkan mengingat NAFPD diduga dapat berlanjut menjadi pankreatitis kronik dan memicu terjadinya kanker pankreas. NAFPD berhubungan erat dengan diabetes melitus tipe 2 (DMT2) dan pasien diabetes berisiko 2x lipat untuk mengalami kanker pankreas. Proporsi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan NAFPD pada populasi DMT2 belum pernah diteliti. Tujuan: Mengetahui proporsi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan NAFPD pada populasi DM tipe 2. Metode: Pasien DMT2 dewasa yang berobat di poliklinik metabolik endokrin Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) direkrut secara konsekutif pada studi potong lintang ini. Data usia, jenis kelamin, lama DM, komorbid, obat-obatan, lingkar pinggang, profil lipid dan HbA1C dikumpulkan. Ultrasonografi hepatobilier dilakukan pada setiap pasien untuk menentukan adanya NAFPD dan non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Hubungan NAFPD dengan parameter usia, jenis kelamin, lama DM, hipertensi, NAFLD, trigliserida dan HbA1C diuji kemaknaanya. Hasil Penelitian: Dari 171 pasien DMT2 yang direkrut dalam studi ini didapatkan proporsi NAFPD sebesar 48,5% (95%IK= 41,2-55,9%). Analisis univariat menunjukkan perbedaan signifikan di antara kelompok NAFPD dan non-NAFPD dalam hal proporsi NAFLD (PR= 1,96; 95%IK= 1,41-2,74; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Juliyanti - Nama Orang
C. Rinaldi A. Lesmana - Nama Orang
Kuntjoro Harimurti - Nama Orang
Imam Subekti - Nama Orang

No. Panggil
T17202fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 56 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17202fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17202FKT17202fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Proporsi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan non-alcoholic fatty pancreas disease (NAFPD) pada pasien diabetes melitus tipe 2  =  Proportion of non-alcoholic fatty pancreas disease (NAFPD) and its associated factors in type 2 diabetes mellitus patients.

Related Collection